Caramantap

Sebutkan Perbedaan dari Keempat Sikap Tegap pada Pencak Silat 2

×

Sebutkan Perbedaan dari Keempat Sikap Tegap pada Pencak Silat 2

Share this article

Pencak Silat 2 adalah salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia. Pada Pencak Silat 2, terdapat keempat sikap tegap yang harus dikuasai oleh para pesilat. Setiap sikap tegap memiliki perbedaan yang mendasar. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perbedaan dari keempat sikap tegap pada Pencak Silat 2.

Sikap Tegap 1

Sikap tegap 1 pada Pencak Silat 2 merupakan sikap dasar yang harus dikuasai oleh pesilat. Pada sikap tegap 1, posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan berada di samping tubuh dengan jari-jari terbuka. Sikap tegap 1 digunakan untuk menyerang dan bertahan.

Perbedaan dari sikap tegap 1 dengan sikap tegap lainnya adalah posisi kaki yang dibuka lebih lebar dan tangan yang berada di samping tubuh.

Sikap Tegap 2

Sikap tegap 2 pada Pencak Silat 2 merupakan sikap yang digunakan untuk menyerang lawan. Pada sikap tegap 2, posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan berada di samping tubuh dengan jari-jari terbuka. Namun, pada sikap tegap 2, tangan kanan diletakkan di depan badan dan tangan kiri berada di belakang badan.

Perbedaan dari sikap tegap 2 dengan sikap tegap 1 adalah posisi tangan yang berbeda, dimana tangan kanan diletakkan di depan badan.

Pos Terkait:  Bagaimana Jika Kartu Pelajar Hilang?

Sikap Tegap 3

Sikap tegap 3 pada Pencak Silat 2 merupakan sikap yang digunakan untuk bertahan dari serangan lawan. Pada sikap tegap 3, posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan berada di depan badan, dengan jari-jari terbuka. Sikap tegap 3 digunakan untuk menghindari serangan lawan.

Perbedaan dari sikap tegap 3 dengan sikap tegap 1 dan 2 adalah posisi tangan yang berbeda, dimana kedua tangan berada di depan badan.

Sikap Tegap 4

Sikap tegap 4 pada Pencak Silat 2 merupakan sikap yang digunakan untuk menyerang lawan dengan menggunakan teknik tendangan. Pada sikap tegap 4, posisi kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan berada di samping tubuh dengan jari-jari terbuka. Namun, pada sikap tegap 4, salah satu kaki diletakkan di depan.

Perbedaan dari sikap tegap 4 dengan sikap tegap 1 dan 2 adalah posisi kaki yang berbeda, dimana salah satu kaki diletakkan di depan.

Kesimpulan

Pencak Silat 2 adalah cabang olahraga bela diri asli Indonesia yang memiliki keempat sikap tegap. Setiap sikap tegap memiliki perbedaan mendasar yang harus dikuasai oleh pesilat. Sikap tegap 1 digunakan untuk menyerang dan bertahan, sikap tegap 2 digunakan untuk menyerang, sikap tegap 3 digunakan untuk bertahan, dan sikap tegap 4 digunakan untuk menyerang dengan menggunakan teknik tendangan.

Pos Terkait:  Cara Agar Pulsa Telkomsel Tidak Tersedot Saat Kuota Habis

Dengan menguasai keempat sikap tegap pada Pencak Silat 2, pesilat akan lebih siap dalam menghadapi dan mengatasi berbagai situasi dalam pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close