Caramantap

Contoh Surat Rekomendasi dari Sekolah

×

Contoh Surat Rekomendasi dari Sekolah

Share this article

Pengertian Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi adalah surat yang diberikan oleh seseorang atau sebuah lembaga untuk merekomendasikan seseorang atau sebuah kegiatan. Surat rekomendasi biasanya digunakan sebagai salah satu syarat dalam mengajukan permohonan untuk suatu posisi pekerjaan, beasiswa atau sekolah, serta kegiatan lainnya.

Contoh Surat Rekomendasi dari Sekolah

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi yang diberikan oleh sebuah sekolah:

Kepada Yth. Pimpinan Sekolah Menengah Atas (SMA) XYZ

Dengan hormat,

Kami sebagai sekolah menengah atas yang bertanggung jawab atas pendidikan serta pengembangan karakter siswa-siswa kami, ingin merekomendasikan nama siswa kami yang bernama Budi Setiawan untuk melanjutkan studinya di universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Indonesia.

Budi Setiawan merupakan salah satu siswa kami yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik. Ia selalu mendapatkan nilai yang tinggi dan aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah. Selain itu, Budi Setiawan juga memiliki kepribadian yang baik, sopan, dan disiplin.

Dalam kurun waktu 3 tahun belakangan, Budi Setiawan telah berhasil meraih berbagai prestasi dalam bidang akademik dan non akademik. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Budi Setiawan antara lain: juara 1 lomba matematika tingkat kabupaten, juara 1 lomba debat tingkat provinsi, dan juara 2 lomba pidato tingkat nasional.

Pos Terkait:  Jelaskan Perbedaan Antara Makanan Tumbuhan dan Hewan

Kami yakin bahwa dengan prestasi serta kepribadian yang dimiliki oleh Budi Setiawan, ia akan menjadi siswa yang berprestasi dan berkontribusi dalam dunia akademik di Universitas Indonesia. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Budi Setiawan untuk diterima di Universitas Indonesia.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

Kepala Sekolah SMA XYZ

Keuntungan Membuat Surat Rekomendasi

Membuat surat rekomendasi memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Cara Membuat Surat Rekomendasi

Berikut ini adalah cara membuat surat rekomendasi:

  1. Tentukan tujuan surat rekomendasi
  2. Pilih orang atau lembaga yang tepat untuk memberikan surat rekomendasi
  3. Cantumkan informasi yang lengkap tentang orang atau kegiatan yang direkomendasikan
  4. Cantumkan informasi yang lengkap tentang diri sendiri sebagai pemberi rekomendasi
  5. Buat surat rekomendasi dengan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami
  6. Masukkan kontak yang mudah dihubungi pada surat rekomendasi
  7. Periksa kembali surat rekomendasi sebelum mengirimkannya
Pos Terkait:  Gadis-gadis Berbusana Muslim di Foto Tahun 90-an, Model

Penutup

Surat rekomendasi merupakan salah satu syarat yang penting dalam mengajukan permohonan untuk suatu posisi pekerjaan, beasiswa atau sekolah, serta kegiatan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara membuat surat rekomendasi yang baik dan benar.

Contoh surat rekomendasi dari sekolah di atas merupakan salah satu contoh surat rekomendasi yang baik dan benar. Namun, kita juga perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam membuat surat rekomendasi, seperti tujuan surat rekomendasi, pemilihan orang atau lembaga yang tepat, serta bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Sebagai penutup, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam membuat surat rekomendasi yang baik dan benar. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close