Caramantap

Cara Memasukan Tempat ke Google Map

×

Cara Memasukan Tempat ke Google Map

Share this article

Google Map adalah sebuah aplikasi yang memudahkan kita dalam mencari lokasi atau tempat yang ingin kita kunjungi. Aplikasi ini juga sangat berguna bagi para traveler atau wisatawan yang ingin mencari informasi tentang tempat-tempat wisata yang ada di suatu daerah. Di dalam Google Map, kita juga dapat memasukan tempat-tempat yang belum terdaftar di dalam aplikasi tersebut. Bagaimana cara memasukan tempat ke Google Map? Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Buka Aplikasi Google Map

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Map di smartphone atau di komputer. Pastikan aplikasi tersebut sudah terpasang dan terbaru.

2. Pilih Tanda “+” di Kiri Bawah Layar

Setelah aplikasi terbuka, kita akan melihat tanda “+” di kiri bawah layar. Kita dapat menekan tanda tersebut untuk memasukan tempat baru.

3. Pilih “Tambahkan Tempat”

Selanjutnya, kita harus memilih opsi “Tambahkan Tempat” di dalam menu yang muncul setelah menekan tanda “+.

4. Pilih Lokasi Pada Peta

Setelah memilih “Tambahkan Tempat”, kita akan melihat peta yang dapat kita pilih lokasi tempat yang akan dimasukan. Kita dapat memperbesar atau memperkecil peta dengan menggeser jari pada layar smartphone atau dengan menggunakan mouse pada komputer.

Pos Terkait:  Cara Membatasi Bandwidth Tenda N301

5. Tekan Lokasi Yang Akan Dimasukan

Jika kita sudah menemukan lokasi yang akan dimasukan, kita dapat menekan lokasi tersebut pada peta. Kita akan melihat informasi lengkap tentang lokasi tersebut.

6. Pilih “Tambahkan Foto” Jika Ada

Jika kita memiliki foto dari lokasi yang akan dimasukan, kita dapat memilih opsi “Tambahkan Foto. Kita dapat memilih foto dari galeri atau langsung mengambil foto baru.

7. Pilih “Tambahkan Deskripsi”

Setelah memilih foto, kita dapat menambahkan deskripsi tentang lokasi tersebut. Deskripsi ini dapat berisi informasi tentang tempat tersebut seperti alamat, jam buka, fasilitas, dan lain sebagainya.

8. Pilih Kategori Tempat

Kita juga dapat memilih kategori atau jenis tempat yang akan dimasukan. Kategori ini dapat membantu pengguna Google Map dalam mencari lokasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kategori yang tersedia di Google Map antara lain restoran, hotel, tempat wisata, dan sebagainya.

9. Pilih “Simpan”

Setelah semua informasi telah dimasukan, kita dapat menekan tombol “Simpan”. Lokasi tersebut akan tersimpan di Google Map dan dapat diakses oleh pengguna Google Map di seluruh dunia.

10. Tunggu Konfirmasi

Setelah menekan tombol “Simpan”, kita harus menunggu konfirmasi dari Google. Google akan memeriksa informasi yang kita masukan dan akan mengkonfirmasi jika tempat tersebut sudah terdaftar di Google Map. Jika tempat tersebut belum terdaftar, Google akan menambahkan lokasi tersebut ke dalam Google Map.

11. Periksa Status Konfirmasi

Jika tempat yang kita masukan sudah terdaftar di Google Map, kita akan menerima konfirmasi dari Google. Kita dapat memeriksa status konfirmasi tersebut pada menu “Kontribusi Saya” di Google Map.

12. Edit Informasi Lokasi

Jika informasi yang kita masukan salah atau ingin diubah, kita dapat mengedit informasi lokasi tersebut. Kita dapat mengedit informasi seperti deskripsi, kategori, dan foto.

Pos Terkait:  Pinjaman Bank BTPN untuk Usaha: Solusi Keuangan Terbaik untuk Bisnis Anda

13. Pilih Lokasi yang Ingin Diedit

Untuk mengedit informasi lokasi, kita harus memilih lokasi tersebut pada Google Map. Kita dapat menekan lokasi tersebut pada peta atau mencari lokasi tersebut pada menu “Cari” di Google Map.

14. Pilih “Edit Info Tempat”

Setelah memilih lokasi yang ingin diedit, kita dapat memilih opsi “Edit Info Tempat” di dalam menu yang muncul.

15. Edit Informasi Lokasi

Setelah memilih “Edit Info Tempat”, kita dapat mengedit informasi lokasi seperti deskripsi, kategori, dan foto. Kita juga dapat menambahkan informasi baru jika diperlukan.

16. Pilih “Simpan”

Setelah mengedit informasi lokasi, kita dapat menekan tombol “Simpan”. Informasi lokasi tersebut akan diperbarui dan dapat diakses oleh pengguna Google Map di seluruh dunia.

17. Tunggu Konfirmasi

Seperti saat memasukan tempat baru, kita juga harus menunggu konfirmasi dari Google setelah mengedit informasi lokasi. Google akan memeriksa informasi yang kita edit dan akan mengkonfirmasi jika informasi tersebut sudah terbarui di Google Map.

18. Periksa Status Konfirmasi

Setelah mengedit informasi lokasi, kita dapat memeriksa status konfirmasi tersebut pada menu “Kontribusi Saya” di Google Map.

19. Hapus Lokasi yang Salah atau Tidak Diperlukan

Jika kita ingin menghapus lokasi yang salah atau tidak diperlukan, kita dapat menghapus lokasi tersebut dari Google Map. Berikut adalah langkah-langkahnya:

20. Pilih Lokasi yang Ingin Dihapus

Untuk menghapus lokasi, kita harus memilih lokasi tersebut pada Google Map. Kita dapat menekan lokasi tersebut pada peta atau mencari lokasi tersebut pada menu “Cari” di Google Map.

21. Pilih “Hapus”

Setelah memilih lokasi yang ingin dihapus, kita dapat memilih opsi “Hapus” di dalam menu yang muncul.

22. Konfirmasi Penghapusan

Setelah memilih “Hapus”, kita akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan lokasi tersebut. Kita dapat menekan opsi “Ya” jika ingin menghapus lokasi atau “Batal” jika tidak jadi menghapus lokasi.

23. Tunggu Konfirmasi

Setelah menghapus lokasi, kita harus menunggu konfirmasi dari Google. Google akan mengkonfirmasi jika lokasi tersebut sudah dihapus dari Google Map.

Pos Terkait:  Cara Mematikan Spelling dan Grammar di Word

24. Periksa Status Konfirmasi

Setelah menghapus lokasi, kita dapat memeriksa status konfirmasi tersebut pada menu “Kontribusi Saya” di Google Map.

25. Gunakan Google Map dengan Bijak

Google Map adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi kita dalam mencari lokasi atau tempat yang ingin kita kunjungi. Namun, kita juga harus menggunakan Google Map dengan bijak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan Google Map:

26. Periksa Informasi Lokasi dengan Teliti

Sebelum mengunjungi suatu lokasi, kita harus memeriksa informasi lokasi tersebut dengan teliti. Kita dapat memeriksa alamat, jam buka, dan fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut. Hal ini dapat menghindarkan kita dari kesalahan dan kerugian.

27. Berbagi Informasi Lokasi yang Benar

Jika kita menemukan informasi lokasi yang salah atau tidak akurat, kita dapat membantu untuk memperbaiki informasi tersebut. Kita dapat memasukan informasi yang benar atau mengedit informasi yang salah.

28. Jangan Bergantung pada Google Map

Google Map adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna, namun kita tidak boleh bergantung pada aplikasi ini sepenuhnya. Kita masih harus memperhatikan penunjuk arah dan bertanya kepada orang-orang di sekitar kita untuk memastikan kita tidak tersesat.

29. Pelajari Fitur-Fitur Baru di Google Map

Google Map terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk memudahkan pengguna dalam mencari lokasi atau tempat yang ingin mereka kunjungi. Kita harus selalu memperbarui aplikasi Google Map dan mempelajari fitur-fitur baru yang tersedia.

30. Kesimpulan

Memasukan tempat ke Google Map sangat mudah dilakukan. Kita hanya perlu membuka aplikasi Google Map, memilih tanda “+”, memilih “Tambahkan Tempat”, memilih lokasi pada peta, menambahkan deskripsi dan foto, memilih kategori tempat, dan menekan “Simpan. Jika kita ingin mengedit informasi lokasi atau menghapus lokasi yang tidak diperlukan, kita juga dapat melakukannya dengan mudah. Namun, kita harus menggunakan Google Map dengan bijak dan memeriksa informasi lokasi dengan teliti sebelum mengunjungi suatu tempat.

close