Caramantap

Ciri-ciri HP Kemasukan Air

×

Ciri-ciri HP Kemasukan Air

Share this article

HP atau handphone saat ini menjadi salah satu perangkat teknologi yang paling penting bagi kehidupan sehari-hari kita. Namun, meskipun sudah dilengkapi dengan fitur tahan air, masih banyak orang yang kurang berhati-hati dalam menggunakannya sehingga HP dapat kemasukan air. Apa saja ciri-ciri HP kemasukan air?

1. Mati Total

Salah satu ciri-ciri HP yang kemasukan air adalah mati total atau tidak bisa dihidupkan. Hal ini terjadi karena air yang masuk ke dalam HP membuat komponen dalam HP seperti baterai, motherboard, dan lain-lain menjadi rusak dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

2. Layar Pecah atau Blank

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada layar. Layar HP dapat pecah atau menjadi blank karena adanya kerusakan pada kabel yang menghubungkan layar dengan motherboard HP.

3. Suara Tidak Keluar

HP yang kemasukan air dapat mengakibatkan kerusakan pada speaker atau mikrofon. Hal ini membuat suara yang dihasilkan tidak keluar atau terdengar sangat kecil.

Pos Terkait:  Jelaskan Arti Bertobat: Memahami Pentingnya Mengubah Diri

4. Tombol Tidak Berfungsi

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada tombol-tombol yang ada pada HP. Tombol-tombol tersebut bisa menjadi tidak berfungsi atau sulit untuk ditekan.

5. Sinyal Hilang

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan hilangnya sinyal. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada antena HP yang berfungsi untuk menangkap sinyal dari jaringan telepon seluler.

6. Overheat

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan overheat atau panas berlebih pada HP. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada komponen-komponen dalam HP yang membuat HP bekerja lebih keras dari seharusnya.

7. Sering Restart

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan seringnya HP restart sendiri. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada sistem operasi HP yang disebabkan oleh kemasukan air.

8. Tidak Bisa Charge

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada port charging pada HP. Hal ini membuat HP tidak bisa dicharge atau diisi dayanya.

9. Lampu Flash Tidak Berfungsi

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada lampu flash pada kamera HP. Hal ini membuat lampu flash tidak berfungsi saat digunakan.

Pos Terkait:  Fungsi Musik atau Iringan Tari adalah Sebagaimana Dibawah Ini Kecuali

10. Kamera Tidak Berfungsi

HP yang kemasukan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kamera HP. Hal ini membuat kamera tidak berfungsi atau hasil foto yang dihasilkan menjadi buram.

Jika HP anda mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas, kemungkinan besar HP tersebut sudah kemasukan air. Hal yang harus dilakukan adalah segera membawa HP ke tempat service HP terdekat untuk diperbaiki. Jangan mencoba membongkar HP sendiri karena bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

Jadi, pastikan anda selalu berhati-hati dalam menggunakan HP dan menghindari HP dari kemasukan air agar HP anda selalu dalam kondisi yang baik dan tidak mengalami kerusakan yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close