Caramantap

Cara Menghitung Massa Molar Gambar

×

Cara Menghitung Massa Molar Gambar

Share this article

Massa molar adalah jumlah massa dari satu mol suatu zat. Massa molar dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus untuk Menghitung Massa Molar

Massa molar = massa atom relatif × konstanta Avogadro

Massa atom relatif adalah massa dari satu atom unsur dalam satuan massa atom relatif (AMU). Konstanta Avogadro adalah jumlah partikel (atom atau molekul) dalam satu mol suatu zat. Konstanta Avogadro memiliki nilai 6,022 × 10^23.

Contoh Perhitungan Massa Molar

Misalnya, kita ingin menghitung massa molar karbon dioksida (CO2). Karbon dioksida terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen.

Massa atom relatif karbon adalah 12,01 AMU, sedangkan massa atom relatif oksigen adalah 16,00 AMU. Maka, massa molar karbon dioksida dapat dihitung sebagai berikut:

Massa molar CO2 = (massa atom relatif karbon × 1) + (massa atom relatif oksigen × 2) × konstanta Avogadro

Massa molar CO2 = (12,01 × 1) + (16,00 × 2) × 6,022 × 10^23

Massa molar CO2 = 44,01 g/mol

Cara Menghitung Massa Molar Gambar

Untuk menghitung massa molar gambar atau molekul kompleks, kita dapat menggunakan diagram struktur molekul. Diagram struktur molekul menunjukkan atom-atom dalam molekul dan ikatan kimia antara atom-atom tersebut.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Gaya Huruf di FB Lite

Contohnya, jika kita ingin menghitung massa molar glukosa (C6H12O6), kita dapat menggunakan diagram struktur molekul glukosa seperti gambar di bawah ini:

Diagram Struktur Molekul GlukosaSource: bing.com
Dalam diagram struktur molekul glukosa, kita dapat melihat bahwa glukosa terdiri dari enam atom karbon, dua belas atom hidrogen, dan enam atom oksigen. Maka, massa molar glukosa dapat dihitung sebagai berikut:

Massa molar glukosa = (massa atom relatif karbon × 6) + (massa atom relatif hidrogen × 12) + (massa atom relatif oksigen × 6) × konstanta Avogadro

Massa molar glukosa = (12,01 × 6) + (1,01 × 12) + (16,00 × 6) × 6,022 × 10^23

Massa molar glukosa = 180,16 g/mol

Kesimpulan

Menghitung massa molar adalah penting dalam kimia karena dapat digunakan untuk menghitung berbagai properti kimia, seperti konsentrasi larutan, reaksi kimia, dan lain-lain. Untuk menghitung massa molar, kita perlu mengetahui massa atom relatif dan konstanta Avogadro dari unsur-unsur yang membentuk zat tersebut. Dalam menghitung massa molar gambar atau molekul kompleks, kita dapat menggunakan diagram struktur molekul untuk memudahkan perhitungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close