Cara Membuat Idli Gambar

Posted on

Idli adalah salah satu makanan khas India yang terbuat dari adonan beras dan lentil. Makanan ini biasa disajikan sebagai sarapan atau makanan ringan. Idli memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang gurih. Jika Anda ingin mencoba membuat idli sendiri di rumah, berikut adalah cara membuatnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 1 cup beras putih2. 1/2 cup kacang urad hitam3. 1/2 sendok teh ragi4. Garam secukupnya5. Air secukupnya

Cara membuat idli:

1. Rendam beras dan kacang urad hitam dalam air selama 4-6 jam.2. Tiriskan air dari beras dan kacang urad hitam.3. Haluskan beras dan kacang urad hitam dengan menggunakan blender atau mesin penggiling selama 5-10 menit hingga menjadi adonan yang halus.4. Tambahkan ragi dan garam ke dalam adonan dan aduk rata.5. Diamkan adonan selama 8-10 jam atau semalaman.6. Setelah adonan mengembang, aduk kembali adonan dengan sendok kayu.7. Siapkan panci kukus dan panaskan air di dalamnya.8. Olesi cetakan idli dengan minyak sayur.9. Masukkan adonan ke dalam cetakan idli dan letakkan di dalam panci kukus.10. Kukus idli selama 10-12 menit hingga matang.11. Angkat idli dari cetakan dan sajikan dengan chutney atau sambhar.

Pos Terkait:  Jika Memiliki Sharingan, Bisakah Naruto Uzumaki?

Tips:

1. Pastikan beras dan kacang urad hitam dicuci bersih sebelum direndam.2. Perbandingan beras dan kacang urad hitam adalah 2:1.3. Jangan terlalu banyak menambahkan air ke dalam adonan agar idli tidak terlalu lembek.4. Jangan membuka penutup panci kukus saat idli sedang dikukus agar tidak kehilangan uap yang dibutuhkan untuk mematangkan idli.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat idli sendiri di rumah. Anda dapat menikmati idli bersama keluarga atau teman-teman Anda sebagai sarapan atau makanan ringan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *