CaramantapDunia Kerja

Cara Melakukan Pengurangan Bilangan Biner

×

Cara Melakukan Pengurangan Bilangan Biner

Share this article

Bilangan biner merupakan bilangan yang hanya terdiri dari dua angka, yaitu 0 dan 1. Karena hanya terdiri dari dua angka, pengurangan bilangan biner bisa dilakukan dengan mudah. Cara melakukan pengurangan bilangan biner adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Bilangan yang Akan Dikurangkan

Pertama-tama, tentukan bilangan biner yang akan dikurangkan. Misalnya, kita akan mengurangkan bilangan biner 1010 dengan bilangan biner 0010.

2. Menentukan Bilangan yang Akan Mengurangi

Setelah menentukan bilangan yang akan dikurangkan, selanjutnya tentukan bilangan yang akan mengurangi. Misalnya, kita akan menggunakan bilangan biner 0010 untuk mengurangkan bilangan biner 1010.

3. Membuat Tabel Pengurangan

Untuk memudahkan pengurangan bilangan biner, buatlah tabel pengurangan seperti berikut:

Bilangan yang Dikurangkan Bilangan yang Mengurangi Hasil Pengurangan
1 0 1
0 0 0
1 1 0
0 0 0

Di dalam tabel tersebut, bilangan yang akan dikurangkan diatur pada bagian atas, sedangkan bilangan yang akan mengurangi diatur pada bagian kiri. Untuk mengisi tabel tersebut, gunakan aturan sebagai berikut:

  • Jika bilangan yang akan dikurangkan sama dengan 0 dan bilangan yang akan mengurangi sama dengan 0, maka hasil pengurangannya adalah 0.
  • Jika bilangan yang akan dikurangkan sama dengan 1 dan bilangan yang akan mengurangi sama dengan 0, maka hasil pengurangannya adalah 1.
  • Jika bilangan yang akan dikurangkan sama dengan 1 dan bilangan yang akan mengurangi sama dengan 1, maka hasil pengurangannya adalah 0.
  • Jika bilangan yang akan dikurangkan sama dengan 0 dan bilangan yang akan mengurangi sama dengan 1, maka cari nilai borrow dengan mengubah bilangan yang akan dikurangkan menjadi 10 dan mengurangkan bilangan yang akan mengurangi dengan nilai borrow tersebut.
Pos Terkait:  Jelaskan Kelebihan Renang Gaya Bebas Dibandingkan dengan Renang Gaya Lain

4. Menghitung Hasil Pengurangan

Setelah tabel pengurangan terisi, hitunglah hasil pengurangan dengan menggabungkan angka-angka yang ada pada kolom hasil pengurangan dari bawah ke atas. Hasil pengurangan dari contoh di atas adalah 1000.

5. Memastikan Hasil Pengurangan Benar

Untuk memastikan hasil pengurangan benar, lakukanlah operasi penjumlahan antara bilangan yang dikurangkan dan bilangan pengurang dengan hasil pengurangan yang telah dihitung. Jika hasil penjumlahan sama dengan bilangan yang dikurangkan, maka hasil pengurangan sudah benar.

6. Kesimpulan

Pengurangan bilangan biner bisa dilakukan dengan mudah dengan cara membuat tabel pengurangan dan menghitung hasilnya. Namun, untuk memastikan hasil pengurangan benar, perlu dilakukan operasi penjumlahan. Dengan mengetahui cara melakukan pengurangan bilangan biner, kita bisa mempermudah pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dan matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close