Caramantap

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

×

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Share this article

File zip merupakan format file yang biasa digunakan untuk mengompresi dan mengurangi ukuran file agar lebih mudah dan cepat dalam proses pengiriman dan penyimpanan. Namun, bagaimana jika kamu ingin membuka atau mengakses file zip di smartphone Android kamu tanpa harus menggunakan aplikasi khusus?

1. Gunakan File Manager

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan file manager bawaan di smartphone kamu. Buka file manager dan temukan file zip yang ingin kamu ekstrak. Kemudian, klik dan tahan file zip tersebut hingga muncul beberapa opsi. Pilih opsi “Ekstrak” atau “Extract” untuk membuka file zip tersebut.

2. Gunakan Aplikasi Bawaan Gmail

Selain file manager, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Gmail di smartphone kamu untuk membuka file zip. Langkahnya sangat mudah, cukup buka email yang berisi file zip tersebut melalui aplikasi Gmail dan pilih opsi “Simpan Lampiran” atau “Save Attachment. Setelah itu, kamu bisa membuka file zip tersebut melalui file manager di smartphone kamu.

Pos Terkait:  Jelaskan Tahap-Tahap Ruang Lingkup Pengelolaan Uang Rupiah

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua cara di atas tidak berhasil atau kamu ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka file zip di Android, kamu bisa memilih beberapa aplikasi seperti WinZip, RAR atau 7Zip. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store dan dapat membantu kamu untuk membuka file zip dengan mudah.

4. Pastikan File Zip Tidak Rusak

Sebelum kamu mencoba cara ekstrak file zip di Android tanpa aplikasi, pastikan terlebih dahulu bahwa file zip yang ingin kamu buka tidak rusak atau terinfeksi virus. Hal ini dikarenakan file yang rusak atau terinfeksi virus bisa menyebabkan kesalahan saat proses ekstraksi dan mengakibatkan file yang dihasilkan tidak dapat dibuka atau rusak.

5. Periksa Kapasitas Penyimpanan

Sebelum melakukan proses ekstraksi file zip, pastikan juga bahwa kapasitas penyimpanan di smartphone kamu mencukupi. Hal ini dikarenakan file zip yang diekstrak akan memakan ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan dengan file zip yang belum diekstrak. Jadi, pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup sebelum melakukan proses ekstraksi.

6. Pastikan Baterai Cukup

Saat melakukan proses ekstraksi file zip di Android, pastikan baterai di smartphone kamu cukup. Proses ekstraksi membutuhkan daya yang cukup besar dan jika baterai tidak cukup, hal ini dapat mengakibatkan proses ekstraksi terhenti atau gagal.

Pos Terkait:  Apakah Makna Hidup Beriman Kristiani Menurut Bacaan Tersebut?

7. Jangan Menggunakan Aplikasi Berbayar

Terakhir, hindari menggunakan aplikasi berbayar untuk membuka file zip di Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi gratis seperti yang telah disebutkan di atas atau menggunakan cara-cara lain yang juga dapat membantu kamu membuka file zip dengan mudah.

Kesimpulan

Dalam membuka atau mengakses file zip di smartphone Android, kamu dapat menggunakan beberapa cara seperti menggunakan file manager bawaan, aplikasi bawaan Gmail, aplikasi pihak ketiga, dan lain sebagainya. Namun, pastikan file zip yang ingin kamu buka tidak rusak atau terinfeksi virus dan pastikan juga kapasitas penyimpanan dan baterai di smartphone kamu cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close